Menu

Minggu, 17 Juni 2012

Keuntungan Berinvestasi di INDONESIA

Aksi beli investor asing di bursa saham Indonesia ikut menaikkan nilai rupiah. Rupiah ditutup di kisaran level Rp. 9,700 per dollar amerika serikat. Salah satu penyebab adalah nilai pembelian bersih asing di bursa Indonesia mencapai Rp. 1,43 trilliun , pada penutupan transaksi minggu  lalu. Sedangkan kemarin investor asing masih membukukan net buy sebesar Rp. 123,12 milliar.

Kepala tresuri BCA menilai bahwa investor asing memandang Indonesia masih memberikan laba dan hasil yang cukup menjanjikan. Apalagi di tambah rasio hutang luar negeri pemerintah cukup membuat para investor cukup nyaman. Hari ini rupiah masih ber peluang naik ada lelang SBI. Jika para investor asing masih suka berinvestasi di Indonesia aka nada kemungkinan besar rupiah akan bisa menguat kembali. Akan tetapi ada juga beberapa pengamat lain yang memperkirakan rupiah akan kembali berkoreksi pada beberapa hari kedepan , bisa jadi koreksi itu terjadi dalam hitungan yang pendek antara 8 sampai 10 jam . apalagi di dukung dengan indeks dollar yang masih di level 80,169. 

Karena itulah beberapa pakar memperkirakan rupiah masih akan bergerak di kisaran antara 9,320 sampai 9,350 per dollar amerika serikat , jika di amati pergerakan akan sangatlah tipis sekali, bahkan ada juga pengamat yang memperkirakan rupiah hanya akan bergerak di antara 9,300 sampai 9,350 .

Indonesia masih menarik bagi beberapa investor berasal dari jepang. JAPAN BANK FOR INTERNATIONAL COORPORATION ( JBIC ) meyakini bahwa aliran investasi dari negeri sakura akan banyak masuk ke Indonesia.

CHIEF EXECUTIVE OFFICER JBIC HIROSHI WATANABE mengatakan , tingkat kepercayaan investor jepang terhadap Indonesia semakin meningkat, karena dunia usaha jepang menilai Indonesia mampu bertahan dalam mengelola kondisi ekonomi dan politik yang stabil di tengah ke tidak stabilannya perekonomian global.

Situasi Indonesia saat ini bisa memberikan kepastian yang lebih tinggi bagi dunia usaha jepang untuk investasi . tingkat kepercayaan mereka juga meningkat . coba kita lihat beberapa Negara di asean sulit mencapai pertumbuhan ekonominya. Karena itu jepang meyakini posisi Indonesia sebagai salah satu Negara yang di jadikan tujuan utama untuk berinvestasi bagi Negara jepang di asean akan meningkat . tapi JBIC memperkirakan posisi Indonesia akan tetap di bawah china dan india dalam menyerap investasi jepang.
Karena itu nagara Indonesia tidak boleh terlalu santai dalam menyikapi perkembangan di negaranya sendiri. Karena tidak hanya di hadapkan oleh persaingan di kawasan asean dalam upaya untuk menarik investor dari jepang. Indonesia juga bersaing dengan china dan india,  kedua Negara yang terakhir ini memiliki iklim investasi yang baik.

Laporan JBIC yang bertemakan Japanese manufacturers overseas business operations on foreign direct investment fiscal year 2011 menyebutkan bahwa Indonesia berada dalam 10 besar Negara yang di jadikan tujuan utama untuk berinvestasinya para investor jepang dalam tiga tahun ke depan.  Indonesia berada di tingkat ke delapan di bawah china, india, Vietnam, Thailand, rusia, brasil , dan amerika serikat. Dua Negara terbawah adalah korea selatan dan Malaysia.

Diantara pilihan investasi yang bisa di tawarkan oleh Indonesia adalah kawasan hutan yang akan di rubah menjadi kawasan perkebunan untuk pangan  yang di perkirakan akan di bangun di papua ( Indonesia bagian timur ) . kemudian di antaranya di bidang bisnis otomotif yang semakin hari semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhan mobil beserta alat transportasi yang lainnya, dari mulai kalangan ekonomi bawah hingga kalangan ekonomi atas.

Dari sekian pilihan investasi yang mungkin bisa anda pikirkan dan kaji ulang sebagai sarana pengembangan taraf hidup ekonomi anda adalah di sector perdagangan, pariwisata , dan sector real di sekala menengah kebawah ( yang sampai saat ini sangat sedikit sekali para investor yang mau melihat dan berinvestasi ) padahal jika di kaji ulang dan di pelajari ada beberapa usaha dan pengusaha menengah ke bawah yang bisa di jadikan komoditas pasar. Dan semoga suatu saat para pengusaha menengah ke bawah bisa lebih disiplin dalam bekerja dan mengatur menejemen nya sehingga para investor mau menitipkan sejumlah dana nya untuk bisa di kelola di bidangnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar